Belanja online yang aman

Percaya belanja online?
February 22, 2012
Berita Kenaikan BBM 1 April 2012
March 1, 2012

Belanja online yang aman

Begitu banyak toko online dengan berbagai produk yang menggiurkan ada di internet. Dunia menjadi makin sempit karena kita tidak perlu lagi keluar dari rumah untuk membeli sesuatu. Cukup dengan bermodalkan internet, kita sudah bisa melakukan transaksi belanja online. Belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat kota karena begitu banyak layanan hot spot di cafe, mal dan tempat nongkrong lainnya.

Transaksi belanja online di internet yang semakin banyak, membuat makin banyak orang yang ingin membuka toko online. Akhirnya efek bola salju mulai bergulir, konsumen online pun semakin bertambah banyak karena makin banyak barang yang bisa dibeli secara online. Sekarang kita tidak harus membeli barang online melalui luar negeri karena toko online dalam negeri pun sudah menjamur, sehingga ongkos dan waktu pengiriman tidak lagi menjadi masalah besar, bahkan pembayaran pun bisa melalui transfer bank.

Tetapi semua ini tidak berjalan mulus, bukan karena barang, penjual atau pembeli, tetapi justru karena adanya oknum-oknum yang ingin mengambil keuntungan secara curang sehingga merugikan banyak pihak terutama konsumen. Berbagai cara dilakukan untuk memberantas tidak kejahatan dalam bisnis online ini, salah satunya menyebarkan di internet para pelaku kejahatan, tetapi tetap saja harus ada yang menjadi korban dulu yang mengungkapkan penipuan yang terjadi. Tetapi sekalipun mungkin terjadi banyak kasus kejahatan di dunia online, kita tidak dapat membatasi diri dengan tidak melakukan belanja online terutama untuk barang-barang langka. Hanya saja kita harus lebih waspada.

Ada beberapa ciri dari toko online yang bisa dipercaya:

1. Website telah berumur lama. Ini bisa dilihat dari jumlah produk, jumlah visitor, jumlah member, beberapa bahkan memperlihatkan jumlah transaksi yang terjadi dan hal-hal lain. Penipu selalu ingin uang instan.

2. Mempunyai rating bagus di mata Google, antara lain muncul di halaman pertama dan mempunyai nilai page rank.
Anda bisa menguji dengan menulis misal hoax:namawebsite.com jika tidak ada ciri-ciri tentang orang-orang yang melaporkan penipuan oleh website itu, artinya website tersebut tidak melakukan penipuan.

3. Harga tidak terlalu murah jika dibandingkan dengan pasaran, karena tidak ada alasan untuk harga menjadi sangat miring / tidak wajar hanya karena perdagangan online.

4. Website bukan dibuat secara gratis melalui layanan jasa toko / blog gratis. Pebisnis sejati mengerti butuhnya modal dalam berbisnis dan mengerti bahwa kepercayaan adalah hal yang sangat tinggi.

5. Adanya jaringan atau rekomendasi dari website yang bisa dipercaya tentang toko online tersebut. Semakin besar jaringan, berarti semakin bisa dipercaya. Ini berhubungan dengan biaya pembuatan website yang besar, tidak mudah untuk mendapatkan hal ini.

Pada kesempatan lain saya akan memberikan rekomendasi beberapa toko online yang saya tahu bisa dipercaya dan beberapa kasus penipuan yang terjadi di dunia online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *