Online Marketing

Seperti toko biasa di mal atau di ruko, setelah siap menjual, maka yang dibutuhkan untuk terjadi penjualan adalah marketing. Company profile atau online shop pun butuh online marketing. Tekkwie Network menyediakan jasa online marketing, berupa Adwords dan SEO. Apa itu Adwords dan SEO, akan dijelaskan sebagai berikut:

Adwords
Adwords adalah layanan iklan dari google supaya di atas hasil pencarian suatu kata kunci, akan muncul iklan yang akan ditayangkan kepada pencari di google. Konsepnya menggunakan sistem PPC (Pay Per Click) yang maksudnya adalah, pemasang iklan membayar tarif iklan kalau iklan yang ditayangkan itu diklik oleh pengguna internet / netizen. Kalau iklan itu tayang tetapi tidak diklik, tidak akan dikenakan pembayaran. Tetapi jika iklan berkali-kali tayang tidak ada yang mengklik, maka google akan mengenakan tarif lebih tinggi untuk iklan tersebut bisa muncul.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah cara supaya website kita muncul di halaman hasil pencarian google (SERP / Search Engine Result Page) dengan target tentu saja di halaman pertama, karena jarang orang masih buka hasil pencarian di halaman dua atau berikutnya. Tidak seperti adwords yang mengenakan biaya jika iklan diklik, SEO tidak mengenakan biaya tambahan untuk seberapa banyak visitor yang berkunjung ke website kita, bahkan untuk hasil pencarian yang sudah bagus / trusted by google, maka tanpa kita harus lakukan SEO lagi, hasilnya akan stabil. Tetapi tentu saja SEO harus selalu dimaintain supaya ranking tidak turun, kabar baiknya semakin lama dimaintain, maka visitor pun akan bertambah setiap bulannya sejalan bertambahnya kata kunci yang mendapat ranking di halaman pertama google. Berikut adalah contoh hasil SERP google per tanggal 3 Maret 2020 dengan menggunakan SEO.