internet marketing

internet marketing

Mengapa perusahaan butuh internet marketing?

Setiap perusahaan pasti membutuhkan marketing. Anda boleh mempunyai produk yang sangat bagus dengan harga yang murah, tetapi jika tidak ada yang memasarkan, maka produk anda hanya akan bertumpuk di gudang tanpa ada yang membeli. Bahkan perusahaan besar mengalokasikan budget untuk marketing, mulai dari biaya promosi, komisi penjualan sampai ke customer care supaya produk mereka diterima di pasaran.
Pada era teknologi informasi ini, kita beruntung karena internet telah digunakan oleh semua kalangan. Bahkan segala produk bisa dipasarkan via internet. Kita bisa mencari segala kebutuhan kita via internet, bahkan kita bisa menjual jasa ataupun barang dan menyelesaikan seluruh transaksi secara online.
Apakah yang dimaksud dengan internet marketing? Ada beberapa teman saya yang menjual produk melalui internet, saya tanya bagaimana cara mereka memasarkan produk mereka? Mereka bercerita, mulai dari tag foto di facebook kepada teman-teman mereka, broadcast email, tweet kepada follower mereka, join di forum seperti kaskus, bahkan beberapa mulai menggunakan website yang dijadikan sebagai toko online. Itu semua adalah cara-cara internet marketing yang dilakukan secara manual dengan biaya yang relative murah, tetapi bagi saya cukup memakan waktu dan kadang seringkali mengganggu, saya sendiri kadang menghapus friend dari orang-orang yang sering tagging foto produk, karena saya tidak suka dijadikan korban iklan. Saya tidak merekomen untuk klien saya melakukan internet marketing dengan cara seperti itu. Jadi bagaimana cara pemasaran internet yang lebih efektif, cepat, murah dan sopan?
Untuk mengerti tentang internet marketing lebih jauh, saya menggunakan contoh misal saya mempunyai hotel hanya dengan 1 kamar. Anggaplah kamar itu saya jual 500.000 rupiah/hari. Setiap hari saya mendapat biaya tetap sekalipun kosong sebesar 100.000. Setiap minggu rata-rata saya hanya menjual 2 hari pada waktu weekend dan mendapat penghasilan 1.000.000,-. Jika dikurang biaya 7 hari x 100.000 = 700.000,- maka saya mendapat keuntungan 300.000/minggu. Saya ingin mendapat keuntungan lebih besar dengan cara memberi diskon sebesar 25% pada customer untuk menginap di hari biasa. Tanpa promosi, pada hari-hari biasa diskon tersebut hanya menjadi keuntungan bagi customer yang kebetulan datang dari luar kota karena dinas dan mendapatkan diskon tetapi tidak menambah jumlah customer karena tidak banyak orang yang tahu kalau saya memberi diskon untuk menginap di hari kerja. Bagaimana solusinya?
Cara pertama, kita gabung di grup diskon, anggaplah namanya Grouping. Untuk kita bergabung disana kita membayar membership sebesar 600.000,-/minggu. Kemudian saya mencetak voucher diskon untuk dibagi-bagikan oleh Grouping kepada setiap member yang berminat. Voucher itu diskon 25% untuk customer dan 25% untuk pihak Grouping sebagai biaya marketing. Jadi saya mendapat income 250.000/kamar. Anggaplah 5 hari full, maka saya mendapat 1.250.000 – 500.000 (biaya tetap) – 600.000 (biaya marketing) maka laba kotor saya 150.000/minggu dengan kondisi kamar full dari diskon tersebut. Selain itu kita juga kena peraturan, tidak boleh memberi diskon lebih besar daripada diskon yang diberikan oleh Grouping, jika customer membeli voucher dan tidak menggunakan sampai batas waktu, maka seluruh uang menjadi penghasilan Grouping.
Cara kedua, kita membuat 1 website. Kemudian kita berikan voucher disc 25% untuk setiap orang yang mengunjungi website kita tersebut dan mendaftar via mail secara gratis. Kita harus memasarkan website kita supaya website kita ada pengunjung, anggaplah misal via Google Adwords. Bagaimana cara kerjanya? Misal jika ada yg menulis hotel murah, maka website kita akan muncul di paling atas. Berapa biayanya? Google tidak menetapkan, tetapi kita yang menentukan. Misal kita kasih Google Rp. 2000/user. Anggaplah dari 50 orang hanya ada 1 yang mengambil voucher diskon yang kita berikan via website, harusnya bisa lebih dari 10 jika hotel kita terkenal. Kita pasang budget 500.000/minggu, jadi setiap minggu akan ada 250 pengunjung, asumsi 5 orang yang bermalam, maka kita mendapat 375.000 x 5 hari = 1.875.000 – 500.000 (biaya tetap) – 500.000 (biaya adwords) maka kita mendapat laba kotor 875.000. Jika dikurang biaya pembuatan website maka hanya dalam 1 bulan sudah tertutupi dari keuntungannya. Keuntungan yang jauh lebih besar daripada menggunakan jasa Grouping diskon.
Itulah yang saya maksudkan dengan internet marketing. Kita menggunakan jasa Google baik dengan adwords ataupun SEO (lebih murah untuk jangka panjang) dalam memasarkan produk tanpa kita harus capek-capek tagging foto ataupun posting dagangan di forum kaskus.

You must be logged in to post a comment.