Bangun kepercayaan online

Sebelumnya saya menulis tentang percaya belanja online? Itu karena banyaknya kekuatiran baik dari pembeli yang takut tertipu ataupun dari pihak penjual yang takut tidak ada pengunjung yang mau membeli produk mereka walaupun mereka mau menjual produk secara jujur. Karena biar bagaimana pun pembeli pasti mengeluarkan uang terlebih dahulu sebelum menerima barang.

Seharusnya jika setiap orang mau berlaku jujur, tentunya kondisi bisnis online di Indonesia secara umum pun bisa meningkat dengan cepat. Tetapi karena adanya oknum-oknum yang melakukan penipuan, maka orang awam apalagi yang tidak begitu mengenal dunia internet menjadi kuatir. Sekarang bagi kita para pelaku bisnis online butuh bekerja sedikit lebih keras, yaitu membangun kepercayaan di dunia maya.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan supaya para pengunjung mau melakukan transaksi online. Pertama, membuat facebook like, jumlah besar dari like bisa meningkatkan kepercayaan pembeli. Kedua, membuat testimoni, walaupun testimoni terkadang bisa palsu atau ngaku-ngaku, tetapi bisa dilihat apakah pada website, facebook, atau twitter pemberi testimoni itu ada menuliskan sesuatu tentang toko / website yang diberikan testimoni atau tidak. Ketiga, agak sulit, yaitu mempunyai rating yang bagus di Page Rank Google dan Alexa. Keempat, mengikuti cara ibu-ibu melakukan jualan online melalui facebook atau blackberry, yaitu mulai menjual kepada teman-teman. Setelah banyak orang puas, maka kepercayaan akan terbentuk, tetapi cara ini pun butuh waktu.

Untuk memudahkan dalam membangun kepercayaan online, saya mempunyai ide untuk memberikan jaminan kepada setiap pelanggan dari toko online yang membuat website pada Tekkwie.com, dengan cara memberi tulisan “This site can be trusted. Developed by Tekkwie.com” dan memberikan jaminan kalau klien Tekkwie.com terbukti melakukan penipuan, Tekkwie.com akan mengganti seluruh kerugian dari pelanggan yang belanja pada website itu dan Tekkwie.com akan menutup website tersebut. Dengan konsekuensi ini, maka pengunjung akan merasa lebih aman dan nyaman dalam melakukan transaksi secara online. Tentu setelah mendapat kepercayaan maka pembeli akan semakin banyak, dan usaha kita akan lebih cepat berkembang besar.

 

You must be logged in to post a comment.