Stephen Wiltshire

Kita pernah tahu tentang orang-orang yang bisa menghapal kamus atau bahkan kitab injil, kita menyebut mereka kamus berjalan atau alkitab berjalan. Tetapi Stephen Wiltshire mendapat julukan Google earth berjalan karena kemampuannya merekam panorama dan menggambarkannya dalam kanvas yang besar.

Stephen Wiltshire lahir di London pada tanggal 24 April 1974 dan pada umur 3 tahun didiagnosa sebagai seorang bayi bisu dan autist. Pada umur 5 tahun dia sekolah di Queensmill School, di sana ia mengekspresikan bakat gambarnya. Stephen Wiltshire berkomunikasi melalui gambar. Guru-guru di sana membantu dia supaya bisa belajar berbicara. Pada umur 10 tahun Stephen menggambar kota London dalam bentuk 6 huruf yang diberi judul London Alphabet. Pada tahun 1987, Stephen diundang di acara BBC dan seluruh karyanya dipublikasi untuk umum. Sejak tahun 1987 sampai tahun 1993 karya-karyanya dicetak dalam bentuk buku yang sempat menjadi best seller.

Pada bulan mei 2005, Stephen Wiltshire mulai diajak naik helikopter dan hanya dengan 1 kali melihat selama sekitar 30 menit berkeliling kota dari ketinggian sekitar 30 kaki, Stephen bisa mengingat semua yang dilihat dan menuangkannya dalam kanvas besar. Stephen Wiltshire mulai dengan menggambar kota Tokyo, kemudian Rome, Hongkong, Frankfurt, Madrid, Dubai, Jerusalem, London. Bahkan Stephen melukiskan dengan tepat jumlah tiang pada gedung kuil besar Pantheon di Roma.

Bulan September 2009, Stephen berkeliling dengan helikopter selama 20 menit di atas kota New York dan melukis kota New York selama 5 hari, hasil lukisannya termasuk New Jersey, Manhattan, the Financial District, Pulau Ellis, Patung Liberty dan Jembatan Brooklyn.

Tahun 2010 Stephen Wiltshire akan melukis Sidney dan Shanghai dan proyek dia selanjutnya tahun 2011 melukis di papan Billboard raksasa di Bandara JFK sebagai bagian dari iklan bank Swiss UBS.

You must be logged in to post a comment.