Keyword 1

Keyword 2

SEO (Search Engine Optimization)

Apakah SEO itu? Promosi website di internet? Betul. Tetapi SEO bukanlah pasang iklan di Google, Facebook ataupun bahkan media massa online yang terkenal secara lokal. Untuk semua iklan-iklan itu, pemasang iklan harus membayar pada semua media itu. Jika budget habis maka iklan pun hilang atau ditaruh di halaman tersembunyi. Yang diharapkan dari iklan-iklan itu semua adalah keaktifan dari setiap pengguna internet pada saat melihat iklan yang kita pasang.

SEO atau Search Engine Optimization adalah optimalisasi mesin pencari, terutama Google. Tetapi kita tidak perlu membayar Google untuk mendapatkan hasil pencarian di halaman pertama Google. Jadi apa yang kita lakukan? Kita membuat backlink pada website-website yang dipandang baik oleh Google yang mengarah pada website kita dengan menggunakan kata kunci tertentu. Kita tidak terlalu berharap untuk orang membaca dan mengklik keyword yang berisi link ke website kita, karena dari situ pun hasilnya tidak seberapa. Tetapi yang kita harapkan adalah justru Robot Google yang berkunjung pada website / artikel itu, kemudian menjelajah melalui backlink yang kita buat dan pergi menuju website kita, kemudian Robot itu menilai bahwa website kita baik dan layak untuk direkomendasi di halaman pertama hasil pencarian Google. 70% pengguna internet mencari kata kunci tertentu melalui Google, itu yang membuat Google menguasai internet. Bayangkan dan hitung berapa pengguna internet yang akan berkunjung ke website kita, karena website kita direkomendasi Google pada halaman pertama dan posisi peringkat paling atas.

Saya akan menunjukan hasil statistik pengunjung pada saat menggunakan iklan media massa dan iklan SEO+Adwords.

Pada bulan November, saya mulai memasang statistik setelah website rampung dikerjakan. hasilnya tidak seberapa karena baru saja mulai.

Bulan Desember, klien saya memasang iklan melalui media massa online lokal, hasilnya lumayan meningkatkan visitor.

Bulan Januari, visitor menurun karena iklan pada media massa hanya dipasang selama 3 hari karena biaya yang tinggi untuk jangka waktu yang hanya 3 hari tayang.

Bulan Februari pada tanggal 8, mulai memasang iklan pada Adwords dan melakukan SEO. Dengan biaya iklan yang sama seperti yang dipasang pada media massa online di bulan Januari, tetapi menunjukkan hasil yang jauh berbeda. Pada saat artikel ini ditulis masih ada budget 8 hari untuk pemasangan iklan Adwords dan SEO tetapi hasil sudah jauh melampaui. Saya optimis hasilnya bisa lebih 2 kali lipat dibanding dengan pemasangan iklan pada media massa online lokal.

Dari penjelasan di atas, saya berharap pembaca bisa mengerti efek dan perbedaan yang dihasilkan dari iklan pada media massa, Google Adwords ataupun SEO.

Kelebihan SEO lainnya adalah, saat pemasang iklan menghentikan pembayaran SEO, hasil pencarian Google bisa saja masih memberikan hasil pada rating atas di halaman pertama, berbeda dengan iklan PTC yag hilang setelah budget habis.

Tekkwie.com membuka jasa SEO untuk umum dengan berbagai jenis paket seperti paket SEO wiki, blogroll, blogpost dan lain-lain.

You must be logged in to post a comment.