Lena Maria

Lena Maria

Lena Maria


Lena Maria Klingvall lahir dengan kondisi tanpa lengan, hanya satu kaki normal dan satu kaki lagi pun cacat. Ia lahir di Stockholm, Swedia. Orang tuanya sangat mendidik dan membantu untuk Lena Maria bisa menjadi seorang yang mandiri.
Pada umur 3 tahun Lena Maria sudah mulai belajar berenang. Pada usia 18 tahun ia menjuarai kejuaraan renang nasional dengan mendapatkan 3 medali emas dan memecahkan 2 rekor nasional. Pada tahun 1988 Lena Maria menjadi peserta renang paralympic di olympiade seoul dan memenangkan medali emas untuk kejuaraan renang.

lena maria

Tidak hanya menjadi atlet, Lena Maria juga menjadi seorang penyanyi profesional, bahkan pada tahun 1987 mendapat beasiswa dari pemerintah Swedia untuk kuliah di The Royal University College of Music di Stockholm. Setelah 4 tahun kuliah dan lulus, Lena Maria berkeliling dunia untuk mengadakan konser dan sudah membuat 15 album.
Bakat Lena Maria pun masih ada lagi yang lain, yaitu melukis hingga ia mendapat beasiswa untuk Mouth and Foot painting Artist sejak 1990. Karya-karyanya ada di Lena maria.
Selain itu semua Lena Maria juga menulis buku autobiografinya yang berjudul footnotes dan Happy days. Sekarang Lena Maria telah mendapatkan banyak penghargaan King’s Medal dari raja Swedia HM King Carl XVI Gustaf dan penghargaaan sebagai warga kehormatan dari Singapura dan Taiwan. Semua prestasinya diraih dengan kondisi tanpa tangan dan kaki yang cacat sebelah tetapi dengan semangat hidup yang tinggi.

Saya lebih memilih untuk bersyukur atas apa yang saya dapat lakukan daripada kecewa atas apa yang tak dapat saya lakukan – Lena Maria Klingvall

You must be logged in to post a comment.