Lance Amstrong


Lance Edward Gunderson lahir pada tanggal 18 September 1971 di Dallas, Amerika Serikat. Kemudian ia lebih dikenal dengan nama Lance Amstrong.Sejak kecil Lance Amstrong hobi berolahraga, mulai dari berenang, berlari dan bersepeda hingga akhirnya ia mengikuti olahraga triatlon yang merupakan gabungan ketiga olahraga itu.

Pada waktu di SMA, United States Olympic Development Team memanggilnya untuk bergabung di Colorado Springs. Lance Amstrong pun meninggalkan sekolahnya dan mengikuti kelas privat dan menyelesaikan diploma pada usia 17 tahun. Pada tahun 1990 Lance menjuarai US National Amateur Championship. Sejak itu Lance Amstrong ingin menjuarai balap sepeda paling terkenal yaitu Tour de France. Tetapi pada usia 25 tahun, tanggal 2 Oktober 1996, Lance Amstrong didiagnosa terkena kanker testis stadium tiga. Pada saat pertama kali diperiksa Lance Amstrong sudah batuk darah dan testisnya sudah sangat sakit. Setelah melewati serangkaian usaha pengobatan, akhirnya pada tahun 1998, Lance dinyatakan bebas dari sel kanker.

Setelah itu, segera Lance Amstrong kembali berlatih sepeda, setelah 18 minggu latihan, Lance Amstrong menjuarai Tour de France untuk pertama kalinya. Setelah itu Lance Amstrong memenangkan 7 kali perlombaan Tour de France. Sekarang Lance Amstrong telah pensiun dari sepeda, ia mendirikan yayasan kanker non profit Lance Amstrong Foundation dan menerbitkan sebuah buku it’s not about the bike yang berisi tentang perjuangannya melawan penyakit kanker dan menjadi juara Tour de France.

You must be logged in to post a comment.