Keyword 1

Keyword 2

Hasil Pilkada DKI 2012, Jokowi Menang Mutlak

Sedari awal hasil pilkada DKI sudah bisa diprediksi kalau Jokowi akan lolos ke putaran dua bersama incumbent Foke, tetapi hal yang tidak terduga adalah kalau Jokowi berhasil menang di putaran 1 mengalahkan incumbent. Rupanya rakyat DKI sudah pintar dan tidak ikut-ikutan memilih incumbent yang kuat secara dana dan sedang berkuasa. Ada beberapa factor yang menyebabkan Jokowi mendapatkan kemenangan begitu besar, pertama strateginya yang masuk ke kalangan bawah di pinggir bantaran sungai dan program-programnya yang sangat pro rakyat bawah dibanding dengan apa yang sudah dilakukan oleh Foke selama 5 tahun terakhir yang pro kapitalis. Kedua, rakyat sudah betul-betul ingin perubahan, tetapi para calon lain tidak mempunyai image sekuat Jokowi yang terbukti terpilih sebagai salah satu walikota terbaik di dunia sekalipun melepas jabatan dan mencalonkan diri sebagai gubernur DKI.

Bagaimana dengan putaran kedua? Dengan modal 42% maka jika Jokowi menggandeng Hidayat Nur Wahid yang berdasar hasil putaran pertama mendapat  11% sudah cukup untuk memenangi Pilkada. Saya percaya pertemuan Jokowi setelah pilkada kemarin dengan HNW hanyalah pertemuan biasa, karena perhitungan belum dilakukan, tetapi setidaknya itu strategi yang bagus karena setidaknya menghalangi Foke untuk mendekati HNW. Adanya image di masyarakat yang menganggap Foke sebagai musuh bersama, membuat 2 calon independent tentu akan mendukung Jokowi yang mempunyai visi lebih sama untuk DKI yaitu mengadakan perubahan, tentu Jokowi akan menang mutlak pada akhir putaran kedua. Tetapi hal yang perlu diwaspadai adalah adanya golput hampir 40% tentu merupakan jumlah yang sangat signifikan dan bisa mengubah keadaan jika ke 40% DPT itu di putaran kedua menggunakan hak pilihnya. Hal lainnya tentu black campaign berupa isu SARA, tetapi hal ini tidak akan terlalu berpengaruh, karena penduduk DKI merupakan masyarakat majemuk, bahkan pemilih yang berasal dari Jawa lebih banyak daripada pemilih asli Betawi, lagipula rakyat sudah muak dengan isu SARA dan lebih mencari pemimpin yang bisa membawa perubahan.

Bagaimana dengan Alex yang berasal dari Golkar? Sedari dulu PDIP merupakan oposisi yang tidak pernah bekerja sama dengan pemerintah berkuasa, berbeda dengan Golkar. Hasil suara Golkar dalam pilkada kemarin sangat rendah, ini seperti buah simalakama, jika Golkar merapat ke Jokowi maka rakyat akan mencap Golkar sebagai partai oportunis, walaupun tidak terlalu berpengaruh ke dalam hubungan politik dengan partai Demokrat, tetapi risiko Golkar ditinggalkan oleh pengikutnya di Pemilu 2014 akan sangat besar. Jika Golkar merapat ke  Foke, Jokowi akan tetap menang dan hanya akan menjadi pembuktian bahwa partai besar berkuasa tidak berpengaruh banyak dalam Pilkada, tentu kekalahan Foke akan menjadi pengaruh buruk bagi Golkar di Pemilu 2014. Langkah bijak adalah Golkar bersikap netral sekalipun nanti tidak akan mendapat kontrak politik dari pemenang, tetapi setidaknya rakyat akan melihat bahwa Golkar tidak oportunis.

Bagi Foke, hasil pilkada di putaran pertama dan  kondisi HNW yang akan mendukung Jokowi akan membuat Foke kalah semakin jauh di putaran kedua, semakin banyak dana kampanye yang dia keluarkan hanya akan menjadi biaya yang tidak akan kembali dengan hilangnya kekuasaan. Foke yang dulu diangkat oleh PDIP menjadi gubernur DKI seperti murid di suatu perguruan silat yang meninggalkan perguruan itu dan kemudian dikalahkan oleh junior seperguruannya.

Bagaimana dengan 4 partai yang beralih dari Jokowi dan mendukung Foke sewaktu kampanye?

 

6 Comments

  • bendot

    terus terang sya senang orang yang terbuka seperti jokowi – ahok mereka memang orang pintar jadi pandangan mereka berdua memang klop dan vision mereka semuanya masuk akal penduduk jakarta memerlukan cagub/cawagub sekaliber pak jokowi/ahok mari kita dukung kedua calon ini

  • bendot

    hidup jokowi/ahok

  • Raden

    Jokowi dan Ahok, jakarta membutuhkan figur anda sebagai Gubernur DKI mendatang, jangan gentar hadapi koalisi partai, masyarakat DKI yang cerdas dan pintar ada dibelakangmu dan siap mendukungmu sekuat tenaga,…..

  • bagi para pendatang 74% mari kita bersama sama memilih jokowi sang penadatang yg pinta memi8mpin pendatang…..hidup jokowi

  • Simon Peter

    Thanks God, doaku diindahkan Tuhan.
    Pak Jokowi and Pak Ahok, Saya tetap mengawali mengingatkan agar anda tetap komit memberi iklim yang bebas dari KKN dalam pemerintahan anda walau saya bukan warga Jakarta (saya di Bali). Break through anda akan menjadi kiblat bagi pemerintah yang lain di seluruh Indonesia. Praise Lord.
    Simon.

You must be logged in to post a comment.