Keyword 1

Keyword 2

Foke curang dalam pilkada

Analisa sebelumnya saya menuliskan tentang 4 Partai beralih dari Jokowi ke Foke? dan tentang Detikcom yang menuliskan berita yang sangat pro Foke, kedua hal itu sangat menarik dan membuat saya melakukan penelitian dan analisa lebih jauh. Dalam analisa kali ini saya akan mengungkapkan tentang kedua hal tersebut.
Pertama, tentang berita-berita yang ditulis oleh Detikcom yang sangat pro Foke, itu bukan karena Detikcom “disogok” oleh Foke, tetapi jika para pembaca sekalian lebih teliti, jelas-jelas di atas artikel itu ditulis Advertorial, yang artinya bahwa berita tersebut merupakan iklan yang tentu saja dibayar oleh Tim sukses Foke. Itu juga yang membuat kita semua tidak bisa menuliskan komentar pada berita tersebut. Tetapi hal lain yang menarik adalah, dari judulnya pun Konstelasi Politik Berubah, Kenapa Pendukung Jokowi Pindah ke Foke?, jelas-jelas melanggar peraturan periklanan yang jelas-jelas menjatuhkan pihak Jokowi dan juga peraturan kampanye yang melarang melakukan black campaign seperti ini. Apakah saya sebagai rakyat awam harus melapor ke KPU atau KPU memang mau membuka salah satu matanya untuk melihat hal ini sebelum ada yang melaporkan.

Ini adalah daftar berita yang merupakan iklan Foke di Detikcom

  1. Pilihan Rasional, Pilkada Satu Putaran Ada Pada Foke-Nara
  2. Kompetensi Foke dalam Pusaran Kampanye Pesaing
  3. Foke Punya Kompetensi Tinggi Jadi Gubernur DKI
  4. Foke: Jangan Terjebak Penyederhanaan Masalah Jakarta
  5. Foke-Nara Tekankan Integritas dan Kompetensi
  6. Konstelasi Politik Berubah, Kenapa Pendukung Jokowi Pindah ke Foke?

Kedua, Apakah kedua partai itu betul-betul dari awal mendukung Jokowi kemudian beralih karena sesuatu hal pada saat kampanye menjadi mendukung Foke atau dari awal memang dipersiapkan untuk “menusuk dari belakang” pada saat kampanye dengan mengungkapkan bahwa mereka memutuskan beralih kepada Foke dibanding mendukung Jokowi.  Kemungkinan yang kedua adalah cara yang sangat kasar, tidak elegant dan tentu saja rakyat tidak menyukai cara curang seperti itu tentu saja baik 4 Partai itu ataupun pihak tim sukses Foke tidak akan mengakui hal ini. Anggaplah yang terjadi adalah kemungkinan pertama.  jika memang 4 partai itu beralih pada saat kampanye karena tiba-tiba berubah pikiran, apa yang menyebabkan mereka berubah pikiran? Saya menyelidiki hal ini, sampai akhirnya saya menemukan artikel  dari inilah.com yang berjudul Wikileaks: Foke Beli Suara di Pilkada 2007. Berdasarkan berita tersebut rupanya bukan hanya pada pilkada kali ini, pada pilkada sebelumnya pun banyak partai beralih mendukung Foke karena Foke bagi-bagi duit. Tidak ada bukti tentang hal ini, tetapi setidaknya saya yakin bahwa Wikileaks tidak ada kepentingan dengan sesiapapun yang menjadi gubernur di DKI.
Kedua analisa saya ini bukanlah black campaign terhadap Foke tetapi sekedar mengungkapkan analisa terhadap berita yang tersiar kepada masyarakat supaya masyarakat khususnya warga DKI yang akan mengikuti Pilkada DKI 2012 bisa menjadi lebih cerdas dalam menentukan pilihan.

4 Comments

  • kentutfokebawtay

    TANGGAL 11 JULI 2012…..PILIH NO 3. JOKOWI….JOKOWI SEORANG PEMIMPIN JUJUR, BERSIH DAN ADIL…..DUNIA SAJA SUDAH MENGAKUI DAN MENEMPATKAN JOKOWI SEBAGAI SALAH SATU WALIKOTA TERBAIK DUNIA….MASA KITA GA NGAKUIN….JANGAN BERSIKAP ANEH DAN BODOH UNTUK TIDAK MENCOBLOS NO. 3….INGAT COBLOS NO. 3 UNTUK JAKARTA BERSIH, SEJAHTERA, DAN MAJU….

    • Widya

      Sereeemmmm, masa kalo gak dukung kumis ktp mau dicabut, sampe2 ada ancaman bawa2 ayat Al-Qur’an. Kaga takut kena sentil dari yg punya ayat ya…. Dulu ngaku paling ahli (ga kebukti), sekarang mau ngaku religius masa ga malu ati ma tagihan iklan kampanye yg ga bakal kebayar sama gaji gubenur 1 periode pullll…

  • cahyadi

    apa jadinya jakarta 5 tahun mendatang kalo Foke jadi gubernur lagi? kasian, semua uang rakyat ditilep sama dia.. Nara juga terlihat tidak berbobot, yang seperti kerbau dicucuk hidungnya oleh Foke. Foke juga sombong, tidak terlihat ramah dan peduli masyarakat, dia cuma gila kekuasaan dan harta.. VOTW FOR #3 JOKOWI-BASUKI!

  • Fayyaz

    dulu dputaran I foiagengbakn betawi tp skrngkmana betawi?dibuangya.hahaha,2 KERA ngakunya BETAWI padahal foke itketurunan jawa-betawi dannara kturunan pemalang drjawa jg…stlah betawi ga bsjunjung foke dptaran I gantilg banggain Islam pdhl fokesekolah aja ga dimadrasahmlainkan di kanisius,ntr kldah menjabat,dibuang kykBetawi..hahaha..Penyesalanakan datangbelakangan..Anehkan sikapFoke wkt ptran I danII..Sadarlah kalian..Jokowi sjak ptaran I-II diabanggain rakyatmenyerahkan smuaharapan dia menjadiGubernur kepadaRakyat..inilah pembelajaranPolitik yg baik..DukungJokowi yg telahmengajarkan kitamemandang politikbadwordfilter(“4319849829427329057”);

You must be logged in to post a comment.