batalnya kenaikan bbm

bbm batal naik

Efek batalnya kenaikan BBM 1 April 2012

Batalnya kenaikan BBM tentu menjadi hal menyenangkan bagi kebanyakan rakyat kecil, walaupun sebetulnya rakyat tidak mengerti siapa sebetulnya penerima subsidi BBM terbesar tetapi setidaknya membuat harga-harga bahan baku tidak jadi naik. Saya menganalisa apa saja efek dari batalnya kenaihkan BBM kali ini. Karena tidak biasanya pemerintah mau membatalkan kebijakan “hanya” karena demo yang marak di seluruh Indonesia.
Efek batalnya kenaikan BBM terhadap rakyat,  kondisi politik dan negara secara keseluruhan saya simpulkan sebagai berikut:

1. Seperti saya sebutkan di awal, harga-harga bahan kebutuhan pokok tidak jadi naik walaupun beberapa produsen telah menaikan terlebih dahulu sebelum BBM betul-betul naik. Inflasi diperkirakan dibawah 6.8%

2. Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN menyebutkan batalnya kenaikan BBM, akan membuat pertamina kehabisan premium bulan Agustus 2012 karena selisih harga yang jauh dibanding dengan pertamax maka para pengguna pertamax akan beralih ke premium sehingga mempercepat habisnya stock BBM premium.

3. Dalam 12 tahun ke depan maka persediaan cadangan BBM akan habis. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada lagi pemasukan dari sektor minyak. 100% pengadaan minyak berasal dari import. Jika persediaan minyak Indonesia tidak sebanding dengan ditemukannya sumber minyak baru, mengapa pemerintah masih melakukan export BBM? Rupanya yang di export adalah minyak yang tidak sesuai untuk diolah menjadi BBM.

4. Efek samping lain yang ditanggung rakyat kecil karena batalnya kenaikan BBM adalah ditundanya penaikan subsidi pendidikan gratis untuk rakyat kecil, karena subsidi diberikan berdasar dari laba penjualan premium jika harga BBM subsidi sudah dinaikan.

5. Golkar yang menetapkan bahwa pemerintah boleh menaikan harga BBM jika terjadi kenaikan harga minyak di pasar dunia sebesar 15% akan membuat Pemerintah harus berhati-hati jangan sampai harus menaikan harga BBM menjelang pemilu 2014 yang tentu akan membuat efek jelek bagi partai Demokrat sebagai partai berkuasa. Sedangkan untuk Golkar maka akan mendapat citra yang baik di masyarakat sebagai pihak yang berhasil menegosiasikan penundaan kenaikan BBM. Seperti saya bahas sebelumnya, Golkar akan menjadi penentu kebijakan kenaikan BBM kali ini.

6.  PKS sebagai anggota koalisi pemerintah yang dalam kasus kenaikan BBM ini menolak kebijakan pemerintah mendapat kecaman keras dari para anggota koalisi, bahkan terancam harus keluar dari koalisi. Jika PKS keluar dari koalisi maka 3 menteri yang bergabung dalam kabinet bersatu jilid 2 mungkin akan terkena resuffle. Pertanyaan menarik, 3 menteri itu dipilih karena merupakan putera terbaik bangsa yang layak dan berkualitas untuk duduk di posisinya atau terpilih karena negosiasi sewaktu koalisi antara Demokrat dengan PKS? Apakah PKS menjadi tumbal batalnya kenaikan BBM?

7. Partai oposisi tidak mendapat banyak efek / citra baik pada masyarakat karena kebijakan batalnya kenaikan BBM ini merupakan keputusan pemerintah berkuasa yang telah menang voting sekalipun ditentang oleh para oposisi. Apakah rakyat setuju dengan penundaan atau tetap ngotot untuk tidak menaikan harga BBM walaupun harga minyak dunia melambung tinggi? Saya pribadi tidak mau dana APBN habis untuk satu sektor BBM, masih banyak sektor lain yang juga butuh subsidi seperti kesehatan dan pendidikan bagi rakyat kecil.

Related post :

Pro kontra kenaikan bbm

berita kenaikan bbm 1 april 2012

 

Pro Kontra Kenaikan BBM

1 Comment

  • Claire

    Given the number of Android-related soinsess planned for DevCon’11, I’m starting to wonder if RIM sees Android as the new Java SDK for their future QNX-based devices.If so, this may just be a screenshot of an internal prototype of something that’s only going to become publicly available on QNX-based RIM phones/tablets.

You must be logged in to post a comment.