dahlan iskan

dahlan iskan

Dahlan Iskan

Selain kisah dari Wilbur yang berlokasi di Indonesia, sekarang ini baru Dahlan Iskan seorang tokoh dari Indonesia yang masih hidup (semoga panjang umur) yang saya rasa sangat layak untuk saya masukan sebagai video yang hidupnya bisa memberi inspirasi bagi kita semua terutama rakyat Indonesia. Indonesia memiliki banyak figur yang memberi inspirasi, lain waktu saya akan posting yang lainnya. Tetapi kali ini saya ingin membahas tentang Dahlan Iskan, menteri BUMN Indonesia.

Dahlan Iskan adalah seorang menteri yang lahir dari keluarga miskin, saking miskinnya keluarganya tidak ingat kapan Dahlan Iskan lahir. Akhirnya diambil tanggal 17 Agustus 1951 hari proklamasi sebagai tanggal yang mudah diingat. Tahun 1975 Dahlan Iskan mulai bekerja sebagai wartawan surat kabar lokal di Samarinda. Tahun 1976 menjadi wartawan majalahTempo sampai akhirnya tahun 1982 diangkat menjadi direktur Jawa Pos hingga sekarang. Pada waktu itu harian Jawa Pos sudah akan bangkrut karena oplah cuma 6.000 eksemplar, kemudian setelah 5 tahun menjadi 300.000 eksemplar dan terbentuk Jawa Pos News Network dengan lebih dari 80 media seperti koran, majalah dan surat kabar dan 40 tempat percetakan.  Pada tahun 1997 mendirikan Graha Pena, gedung pencakar langit di Surabaya. Tahun 2002 Dahlan Iskan mendirikan stasiun televisi JTV, Batam TV dan Riau TV. Pada tahun 2009 Dahlan Iskan menjadi komisaris Fangbian Iskan Corporation yang membangun serat optik dari surabaya menuju hongkong melalui dasar laut sepanjang 4.300 km. Pada tahun 2009 juga Dahlan Iskan diangkat sebagai Dirut PLN yang membuat Jakarta bebas mati listrik dengan program sejuta sambungan listrik setiap hari yang dikerjakan selama 6 bulan.Walaupun awalnya ditolak karena tidak berasal dari kalangan jajaran PLN, tetapi kerja kerasnya tidak sia-sia. PLN berhasil membangun 5 PLTS di berbagai wilayah di Indonesia.

Karena kerja kerasnya Dahlan Iskan pada tahun 2007 menderita kanker liver akibat penyakit hepatitis b yang sudah menahun dan harus dilakukan cangkok hati, kisah tentang cangkok hati yang dilakukan di China ditulis dalam bukunya Dahlan Iskan Ganti Hati. Mungkin karena diberi kesempatan hidup kedua kali, Dahlan Iskan tidak  pernah mengambil gajinya sebagai Direktur PLN dan memberikan hidupnya untuk bangsa ini. Akhirnya tanggal 17 Oktober 2011 Dahlan Iskan diangkat menjadi Menjadi menteri BUMN. Sejak itu Dahlan Iskan menulis blog yang isinya memrabuat kita bisa mengenal lebih dekat berbagai perusahaan milik BUMN di bawah kepemimpinannya. Segala ide dian tulisan itu membuat kementerian BUMN,  masalah di dalamnya dan tindakannya dikenal oleh rakyat dan menginspirasi para pembaca.

2 Comments

  • Dedy Suryanto

    Saluuuut……….bwt bpk dahlan iskan dgn sikap tak mau menerima gaji nya, andai semua pejabat bumn seperti bpk,mngkin indonesia tak carut-marut,

    • Nashwa

      wah saya juga ada rencana untuk lasik di Netra… mata saya hanya minus 1.75 degnan silindris 0.75. Cuman karena tuntutan pekerjaan harus bermata normal tidak ada minus maupun silindris, jadi saya ingi mencoba lasik.trimakasih atas postingan pengalamannya, sunggh bermanfaat. 🙂

You must be logged in to post a comment.