pilkada dki

pilkada dki

Calon Pilkada DKI Jakarta

Akhirnya KPU sudah menutup pendaftaran kemarin malam dan tercatat para calon resmi untuk pilkada DKI nanti sebagai berikut:

1. Faisal Basri dan Biem Benyamin, masuk melalui jalur independen setelah mengumpulkan suara lebih dari 400ribu sebagai syarat ikut serta dalam pilkada DKIkali ini. Faisal Basri merupakan cucuk Adam Malik yang menjadi akademisi dan pengamat politik. Biem Benyamin merupakan tokoh betawi anak ketiga dari Benyamin Sueb. Sepertinya jika Foke fokus menarik suara dari masyarakat betawi, maka suara akan terpecah dengan calon pasangan independen ini.

2. Pasangan kedua yang masuk melalui  jalur independen adalah Hendarji Supanji dan Ahmad Riza Patria.  Hendarji adalah komandan pusat polisi militer dan Ahmad pernah menjadi anggota KPUD DKI Jakarta.

3. Kader dari Golkar yaitu Alex Noerdin dan Nono Sampono, didukung oleh PPP dan PDS walaupun belakangan terdengar kabar PDS beralih kepada Foke. Alex Noerdin sekarang adalah gubernur Sumatera Selatan dan Nono mantan komandan korps marinir. Jika PDS resmi melepas dukungan kepada Golkar dan beralih kepada Foke, maka pasangan ini terancam diskualifikasi karena kekurangan 1 suara dari 15 suara di DPR.

4. Demokrat beserta 7 partai lain, Hanura, PAN, PDS, PKB, PBB, PMB, dan Partai Damai Kasih Bangsa mencalonkan Fauzi Bowo (Foke).  Foke mengajak Nachrowi Ramli untuk mendampingi setelah Adang Ruchiatna tidak mendapat restu dari PDIP. Foke adalah Gubernur DKI Jakarta yang masih menjabat dan Nachrowi Ramli merupakan Jenderal TNI AD yang terpilih sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari partai Demokrat. Keduanya merupakan pasangan betawi asli yang berkeyakinan kalau Jakarta harus dipimpin oleh orang Betawi asli.

5. Pasangan baru yang paling populer di masyarakat sekarang ini adalah pasangan yang dipilih oleh Gerindra yaitu Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Keduanya dikenal masyarakat sebagai pasangan yang paling bersih. Jokowi merupakan anggota PDIP yang sekarang menjadi bupati Solo yang berhasil menertibkan pedagang kaki lima, sedangkan Ahok sekarang menjabat menjadi anggota DPR dari partai Golkar yang pernah menjadi gubernur Belitung dan berhasil dengan program rumah sakit dan sekolah gratis untuk daerah belitung. Setelah dicalonkan oleh Gerindra, Ahok menyatakan mundur dari Golkar dan DPR hari ini dan resmi bergabung dengan Gerindra.

6. Partai terakhir yang mengajukan calon adalah PKS setelah gagal memasangkan Tri Wisaksana (bang Sani) untuk Foke. Tetapi PKS mencalonkan Hidayat Nur Wahid bersama Didik Rachbini dari PAN walaupun PAN tetap akan mendukung Foke. PAN membiarkan Didik Rachbini menjadi calon wakil gubernur pilihan PKS dan menganggap keikutsertaan Didik sebagai akademisi profesional, bukan sebagai bagian dari partai.

Dengan adanya 6 pasang calon, Pilkada DKI kali ini lebih leluasa dalam memilih. Tidak terpaksa harus memilih yang disediakan, karena kali ini ada pasangan independen yang telah membuktikan diri berhasil mengumpulkan ratusan ribu fotokopi ktp dan pasangan yang dicalonkan oleh Partai lain.

3 Comments

  • seluruh rakyat indonesia mendukung hidayat nur wahid untuk menjadi ri 3 /gubri jakarta.indonesia butuh pemimpin seperti beliau…

  • Nevia Gentasuri

    Edi kamu dari PKS ya selalu mengatas namakan rakyat Indonesia, padahal cuma segelintir kader PKS aja yang mau Hidayat Nur Wahid, asal kamu tau ya saya rakyat Indonesia amit2 punya pemimpin seperti dia….. rakyat Indonesia sudah bosan dengan pejabat model Hidayar Nur Wahid cuma bisa Omdo doang pas realisasinya mandul…. saat ini rakyat butuh seperti pemimpin seperti Jokowi atau Alex, cuma itu calon2 yang kompeten……

    • I am interested DKI, and I am loiokng for scripts that can do this on an asp page. Since this post was almost 4 years old, may I know if this still works and are there new ways to do it? Thanks!

You must be logged in to post a comment.