Keyword 1

Keyword 2

Tinggal landas atau tinggal di landasan

Apakah kita mau selalu menjadi pekerja / karyawan di sebuah perusahaan? Atau kita punya impian untuk menjadi pelaku bisnis / pengusaha? Bagaimana jika kita ingin menjadi pengusaha tetapi kita takut untuk meninggalkan pekerjaan dan penghasilan yang sudah cukup untuk hidup sehari-hari? Jika ini pertanyaan yang sedang anda pikirkan, artikel ini cocok untuk anda.

Saya mengumpamakan hidup kita yang dari seorang pekerja ingin menjadi pengusaha adalah seperti pesawat yang akan terbang meninggalkan landasan.

work to business

Sewaktu pesawat ada di landasan, itu seperti saat kita menjadi karyawan. Pesawat bisa berlari dengan kecepatan yang cukup, kondisi aman karena masih menggunakan roda dan masih bertumpu pada landasan. Kita merasa pendapatan kita sebagai karyawan ok, posisi kita di perusahaan aman karena perusahaan juga dalam kondisi stabil. Tetapi pertanyaannya, mau sampai kapan? Apakah kita bisa mencapai impian kita? Jika pesawat hanya ingin bergerak sejauh ujung papan landasan tentu tidak perlu lepas landas, tetapi bagaimana jika pesawat tersebut punya tujuan untuk ke seberang pulau atau mencapai luar negeri? Begitu juga dengan impian kita, seberapa jauh kita punya impian untuk hidup kita sendiri?

Jika kita mempunyai impian yang besar, tidak cukup hanya berlari di landasan / berputar2 di perusahaan, tetapi kita harus melakukan bisnis. Apakah bisnis tidak ada risiko? Berapa banyak terjadi kecelakaan pesawat? Berapa banyak perusahaan yang bangkrut?

Bagaimana jika kita nekad langsung menjadi pelaku bisnis tanpa pernah menjadi karyawan? Itu seperti pesawat yang terbang tanpa menggunakan landasan. Sebelum kita menjadi pelaku bisnis kita butuh bergantung pada perusahaan.  Tetapi untuk bisa lepas landas, sewaktu masih bekerja sebagai karyawanpun kecepatan dan arah tujuan kita harus jelas. Pesawat yang masih berputar-putar atau bergerak lambat tidak akan pernah bisa lepas landas. Pesawat harus bergerak cepat dan lurus untuk bisa lepas landas. Sewaktu saya menjadi karyawan dan berencana untuk bisnis, saya menyelesaikan pekerjaan kantor dengan cepat sehingga saya masih mempunyai waktu di kantor untuk membuat kerangka rencana bisnis saya dan saya juga punya tujuan bisnis yang jelas, sehingga saat saya resign bisnis saya sudah mulai stabil. Semoga tulisan saya ini menjadi motivasi dan inspirasi untuk kita berpikir kembali tentang impian, rencana dan langkah dari kita masing-masing sehingga kita bisa betul-betul tinggal landas dan bukan tinggal di landasan.

You must be logged in to post a comment.